Sabtu, 27 September 2008

Sekilas tentang gelombang cinta


Akhir-akhir ini kata ini mungkin sering kali terdengan di telinga kita, yup “gelombang cinta”. Sekilas kalo kita belum tau yang dimaksud dengan kata ini, kita langsung mengira kalo kata itu maksudnya perasaan cinta kepada lawan jenis, atau mungkin rasa cinta kepada keluarga, cinta pada negara, agama dll. Gelombang cinta ini sungguh dahsyat, menjadi buah bibir dikalangan masyarakat, banyak dicari, dan bernilai jual tinggi. Gelombanga cinta apaan sih sebenarnya?!?Ini dia…
Gelombang cinta yang dimaksud adalah tanaman hias keluar Anthurium, atau dalam basa kerennya “wave of love”. Memang sungguh fenomenal, tanaman hias keluarga Anthurium ini, harganya selangit dan banyak dicari oleh para penggemar tanaman hias. Bapak kostku sendiri, pak yanto merupakan salah seorang kolektor tanaman ini, dia punya Gelombang Cinta jenis Keris dan Giant. Menurut pak Yanto, ada salah satu koleksi temannya yang mau ditawar dengan Avanza, tapi tetep ngga dilepas. Harga tanaman ini tergantung dari keunikan (bentuk dan tekstur) daunnya, banyak daun, tongkol dan jenis persilangan.Saking indahnya (menurut para pecinta kolektor), tanaman ini tidak murah, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Untuk bibit, dihargai 60 hingga 125 ribu rupiah. Aku sendiri sih belum nemu letak keindahan dari tanaman itu, menurutku sih biasa-biasa saja, ngga ada yang istimewa dari tanaman “gelombang cinta”, tapi apa karena aku ini yang memang bukan ahli tanaman hias. Sampe-sampe pas aku baca koran kemarin, ada dua orang pemuda yang babak belur gara-gara kepincut membawa tanpa izin maling tanaman itu. Sungguh luar biasa getar-getar gelombang cinta ini.
Anthurium masih satu keluarga dengan Aglonema, Anthurium tergolong tanaman hias indoor (dalam ruangan). Jenis Anthurium yang sedang tren saat ini, Anthurium daun. Ciri khas Anthurium daun, berdaun lebat, kurang produktif berbunga dan penampilan daun-daunnya amat menarik. Termasuk ke dalam jenis Anthurium daun, di antaranya A. criystallianum (populer dengan sebutan Kuping Gajah), A. variegate, A. jemanii, A. coreaceum, A. wave of love dan A. hookeri.

Tidak ada komentar: